Belajar Bermain Gitar Untuk Pemula

“Gitar” tahukah kamu bahwa alat musik satu ini merupakan salah satu dari sekian banyak alat yang paling sering di gemari oleh para remaja milenial? 

Bagaimana tidak? 

baik laki-laki maupun perempuan mereka sangat menyukai alat musik ini. Selain mudah untuk di pelajari, gitar juga enak di gunakan pada saat bersantai bareng temen atau sahabat. Dengan gitar kalian bisa memecahkan keheningan dengan cara bernyanyi dengan santai bersama. 

Namun ada juga beberapa orang yang masih menganggap bermain gitar itu sangat sulit. Nah kalian sekarang ga perlu khawatir lagi nih, bagi kalian yang benar-benar baru belajar bermain gitar dalam artikel ini kita akan mengulas mengenai cara belajar gitar yang mudah untuk kamu yang masih pemula.

Dalam  artikel ini juga akan memberikan penjelasan mengenai kunci-kunci gitar dengan lengkap.

Tapi sebelum berbagi tips mengenai cara bermain gitar yang mudah, kamu harus mengenali terlebih dahulu nih mengenai alat musik satu ini kemudian barulah kamu belajar perlahan mengenai kunci-kunci dasar dalam bermain gitar. 

Yuk ikuti dan simak terus mengenai penjelasan singkat ini.

“Gitar” merupakan salah satu alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik, baik dengan jari atau plektrum (pick gitar). Umumnya gitar terdiri dari bagian bodi pokok, dengan bagian leher yang padat sebagai tempat senar yang berjumlah 6. Oh iya sebelum kalian belajar cara bermain gitar, kalian harus tahu terlebih dahulu mengenai beberapa jenis gitar dan beberapa aliran musik seperti musik klasik, musik beraliran spanyol, musik heavy metal dan lainnya. Sehingga kalian dapat menyesuaikan diri sesuai dengan musik yang kalian sukai. Sebenarnya sangat banyak jenis-jenis gitar yang dapat di mainkan baik bagi pemula maupun profesional namun kali ini kalian akan dikenalkan oleh 4 jenis gitar saja dan kita akan membahas bagaimana cara bermain gitar klasik.



Jenis-Jenis Gitar


1. Gitar Akustik 

Bagi kalian yang menyukai lagu beraliran pop, kalian dapat memakai gitar akustik. Selain suaranya yang nyaring karena senarnya yang terbuat dari baja (Steel String), headstocknya (kepala gitar) juga tidak berlubang. Sehingga gitar ini terlihat unik dan menarik walaupun tampilannya sangat sederhana. Lebar nutnya kurang lebih hanya 43mm-45mm sehingga sangat cocok untuk pemula terutama pecinta lagu beraliran pop.
Sumber : Gitar Klasik

2. Gitar Klasik

Berbeda dengan gitar akustik, gitar klasik merupakan salah satu gitar yang cocok untuk memainkan musik slow dengan genre klasik. Suaranya yang lembut dan tidak nyaring membuat gitar ini sering digunakan para remaja untuk menyanyikan lagu-lagu melow. Selain itu senar gitar klasik ini terbuat dari nilon dengan lebar nutnya mencapai 52mm dimana lebih besar sedikit dari gitar akustik. Dan juga headstock dari gitar klasik juga berlubang.

Sumber : Gitar Flamenco

3. Gitar Flamenco 

Yupss,, sekelias gitar ini terlihat seperti gabungan dari dua gitar (akustik & klasik) yang telah di padukan menjadi satu. Bahkan beberapa orang mengira bahwa gitar ini sama dengan gitar klasik karena bentuk headstocknya yang sama-sama berlubang. Namun ada perbedaan di antara ketiganya. Selain suaranya yang cocok untuk musik aliran spanyol, lebar nutnya juga tidak selebar gitar klasik karena kurang lebih hanya selebar 48mm dan tentunya lebih besar dari gitar akustik.
Sumber : Gitar Elektrik

4. Gitar Elektrik

Berbeda dengan gitar-gitar sebelumnya, gitar elektrik merupakan gitar yang paling mudah dimainkan karena tidak perlu tenaga banyak untuk menekan senarnya. Selain itu gitar ini sangat cocok dengan musik-musik bergenre Heavy metal, rock dan lain-lain. Sehingga sangat cocok banget buat kamu yang sangat menyukai musik bergenre tersebut. Namun Gitar elektrik harus disambungkan ke amplifier agar suaranya terdengar keras. Sebenarnya suaranya akan tetap terdengar kalau tidak disambungkan ke amplifier juga, namun akan sangat kecil terdengarnya. Dan juga ada banyak efek yang bisa digunakan untuk gitar elektrik, seperti delay effect, dan lain-lain.

Cara bermain gitar bagi pemula


1. Pelajari Kunci Dasar

Sebelum kamu belajar gitar, kamu bisa mempelajari dulu apa saja kunci dasar yang diperlukan dalam bermain gitar, sehingga pada saat kamu mulai belajar gitar tanganmu tidak kaku.

2. Tentukan Posisi Gitar

Setelah kamu mengetahui kunci dasar dalam bermain gitar, sebaiknya kamu juga mulai belajar memposisikan gitarmu dengan benar agar pada saat belajar, kamu bisa merasa nyaman dan fokus.

3. Cari Musisi Profesional/Teman Dekat Yang Mahir Bermain Gitar

Jika kamu ingin mahir dalam belajar gitar, kamu bisa mencari musisi profesional di youtube agar kamu menjadi lebih semangat dan termotivasi dalam latihan gitar. Kamu juga bisa meminta tolong pada teman, sahabat maupun pacarmu yang mahir bermain gitar, sehingga kalian tidak akan mudah bosan.


4. Belajar Memetik Gitar

Jika kamu sudah mengetahui kunci dasar , sudah mendapatkan posisi yang nyaman untuk bermain gitar dan juga sudah bersama dengan teman atau sahabat yang pandai bermain gitar, sekarang kamu bisa mulai belajar bagaimana cara menggenjreng atau memetik gitar. Agar pada saat kamu bermain, nada yang hasilkan bisa terdengar indah dan merdu. Biasanya pada tahap ini kamu perlu menggunakan 5 jarimu.


5. Melatih Memori Otot Tangan 

Kamu harus melatih otot tangan dan jari-jarimu, karena pada tahapan awal ini jari-jari akan terasa sangat sakit dan mengeras pada setiap ujungnya. Namun hal itu tidak masalah, dan itu merupakan hal yang sudah biasa terjadi pada saat kamu belajar bermain gitar. Yang perlu kamu lakukan hanyalah membiasakan jari-jarimu untuk erpindah dari satu tempat ke tempat lain. Kamu juga hanya memerlukan konsentrasi pada saat memetik kunci gitar.

6. Latihan Secara Rutin

Saat kamu tertarik belajar gitar, berlatihlah secara rutin agar otot-otot tangan dan jari-jarimu mulai terbiasa. Kemudian cobalah untuk menghafal kunci gitar dan usahakan tidak melihat gitar. Sehingga lama- kelamaan apabila kamu rutin memainkannya, kamu akan terbiasa oleh letak kunci gitar tersebut.

7. Main Dengan Beberapa Lagu Yang Menggunakan Kunci Mudah

Cobalah bermain dengan lagu yang memiliki kunci-kunci dasar. Karena itu dapat membantu melenturkan jari-jari. Dan membantu untuk menghafal letak. Kemudian pada saat kamu sudah mulai mahir, kamu bisa mencoba lagu ke level berikutnya.

Setelah kalian mempelajari 7 cara bermain gitar bagi pemula di atas, kalian juga mulai bisa menghapal beberapa kunci dasar gitar. Berikut merupakan kunci dasar gitar. Yuk simak terus artikelnya.

Kunci Dasar Gitar


Dalam belajar kunci dasar gitar, kalian hanya perlu mengikuti beberapa simbol titik hitam yang ada pada gambar. Dengan cara menempatkan kelima jari-jari kalian di titik hitam tersebut.

Sumber : Kunci Dasar
 

Kunci Dasar A

Sumber : Chord A

Kalian bisa menggunakan 3 jari saja mengikuti 3 titik hitam tersebut. Jari yang di gunakan bisa jari telunjuk di garis/ titik D (senar 4), jari tengah untuk garis atau titik G (senar 3) yang berada di tengah, kemudian jari manis di garis/titik B (senar 2) yang berada diakhir. Oh iya khusus kunci gitar ini kalian tidak perlu terlalu lurus kalian masih bisa memiringkan sedikit jari-jari kalian hingga membentuk miring namun tetap pada posisi di gambar.

Kunci Dasar C

Sumber : Chord C

Sedangkan untuk kunci C kalian bisa menggunakan jari telunjuk untuk garis/titik B (senar 2), kemudian jari tengah untuk garis/titik D (senar 4), dan yang ketiga kalian bisa menggunakan jari manis di garis/titik A (senar 5).

Kunci Dasar D

Sumber : Chord D

Seperti di gambar kalian hanya perlu mengikuti titik-titik tersebut. Untuk kunci gitar D kalian bisa menggunakan jari telunjuk untuk nomor 1, jari tengah untuk nomor 2, dan jari manis untuk nomor 3.

Kunci Dasar E

Sumber : Chord E

Sedangkan untuk kunci gitar E kalian bisa menggunakan jari telunjuk di garis/titik G (senar 3), jari tengah di garis/ titik A  (senar 5) kemudian jari manis di garis/titik D (senar 4).


Kunci Dasar F

Sumber : Chord F

Untuk kunci F kalian harus menekan garis/titik B dan E (senar 1 dan 2) secara bersamaan menggunakan jari telunjuk, kemudian jari tengah di garis/titik G (tanpa harus menyentuh garis lainnya) dan jari manis untuk titik D (tanpa menyentuh garis/titik lainnya).

Kunci Dasar G

Sumber : Chord D

Untuk kunci G kalian bisa memakai dua cara. Yang pertama kalian bisa memakai gambar di atas yaitu jari telunjuk di garis/titik A (senar 5), jari tengah di garis/titik E (senar 6) kemudian jari manis di garis/titik E (senar 1) yang berada paling bawah. Atau cara kedua apabila anda kesusahan anda bisa langsung saja menggunakan jari telunjuk di garis/titik E paling bawah.


Kunci Dasar Am

Sumber : Chord Am

Sedangkan untuk kunci gitar Am mirip dengan kunci dasar E, yakni jari telunjuk di garis/titik B (senar 2), jari tengah di garis/titik D (senar 4), dan jari manis di garis/titik G (senar 3).

Kunci Dasar Dm

Sumber : Chord Dm

Untuk kunci gitar Dm jari telunjuk si garis/titik E (senar 1) paling bawah, jari tengah di garis/titik G (senar 3), dan jari manis di garis/titik B (senar 2). Atau jika kalian merasa tidak nyaman, kalian bisa menggantinya dengan jari tengah di garis/titik E (senar 1), jari manis di garis/titik G (senar 3) kemudian jari kelingking di garis/titik B (senar 2).

Kunci Dasar Em

Sumber : Chord EM

Dan terakhir untuk kunci gitar Em kalian hanya perlu menggunakan dua jari yaitu jari tengah di garis/titik D (senar 4) sedangkan jari telunjuk di garis/titik A (senar 5).

Oke guys, demikian tips atau tata cara belajar gitar untuk pemula, semoga artikel ini bermanfaat yah. Bagi kalian yang baru pertama kali belajar gitar , kalian gak perlu pesimis atau takut gak bisa nih, karena usaha gak akan menghianati hasil, dengan rajin belajar secara rutin 1 jam sehari dijamin kalian akan langsung bisa. Disarankan kalian yang masih pemula untuk mencoba lagu-lagu dengan kunci dasar seperti A, C, D, E, F, G, Am, Dm, Em. Selamat mencoba.

Belum ada Komentar untuk "Belajar Bermain Gitar Untuk Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Melayani Seluruh Wilayah Indonesia

Iklan Tengah Artikel 1

Melayani Seluruh Wilayah Indonesia

Iklan Tengah Artikel 2

Melayani Seluruh Wilayah Indonesia

Iklan Bawah Artikel

Melayani Seluruh Wilayah Indonesia