Sejarah Alat Musik Gitar Bass Dan Eksistensinya

Sejarah Alat Musik Gitar Bass Dan Eksistensinya – Gitar bass adalah salah satu instrumen musik petik. Nada suaranya yang khas, membuat gitar jenis ini dijadikan alat musik wajib dalam sebuah kelompok musik, baik band maupun orchestra. Memang jika kita mendengar irama bunyi yang dihasilkan dari alat ini terbilang unik. Sebab tidak akan pernah kita mendengar nada yang tinggi, semua terdengar rendah. Sebab gitar bass sendiri memang didesain khusus sebagai pengisi suara nada rendah pada sebuah alunan musik.
Meskipun demikian, nada yang dihasilkan sangat vital dalam sebuah pertunjukan musik. Sebab peran bass disini sebagai pengatur ritme atau ketukan nadanya, sehingga hentakan musiknya terdengar lebih tegas. Memang gitar bass merupakan alat musik yang penting, terus siapa ya orang yang berjasa telah menemukan alat musik ini? Nah, pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai sejarah alat musik gitar bass.

Sejarah Alat Musik Gitar Bass

1. Sejarah awal kemunculan

Sejarah alat musik gitar bass dimulai pada abad 15 di kalangan penduduk Eropa. Di awal kemunculannya, bentuk gitar bass tidak seperti sekarang. Bentuk yang bisa kita lihat saat ini merupakan inovasi dari bentuk pendahulunya, yaitu double bass. Bentuk fisik dari double bass sendiri tergolong besar, bahkan untuk memainkannya haruslah orang dewasa, dengan cara mendirikannya. Nah, tujuan kenapa alat musik ini didesain dengan bentuk yang besar adalah agar suara yang dihasilkan juga besar. Hal ini wajar, sebab saat itu belum ditemukan alat musik elektrik

Karena dirasa kurang praktis, terlalu berat dan memakan tempat, bentuk double bass mulai dikembangkan. Proses modifikasi bentuk double bass sendiri dimulai pada tahun 1900. Memang tahun tersebut terkenal sebagai era emas perkembangan musik. Proses pengubahan bentuk double bass dilakukan dengan cara meminimalisir ukuran fisiknya. Namun tidak dilakukan pengubahan namanya. Dunia tetap mengenal alat musik tersebut dengan nama double bass.

2. Awal Penemuan Gitar Bass Elektrik

Sejarah alat musik gitar bass pun terus berlanjut, pada tahun 1920 sebuah perusahaan alat musik Gibson, melalui Lloyd Loar menciptakan double bass elektrik. Inilah perusahaan yang menjadi cikal bakal lahirnya gitar bass elektrik seperti yang kita kenal saat ini. Tentu saja dengan dibuatnya double bass elektrik, akan mendukung program pengecilan ukuran dari alat musik ini. Sebab untuk menghasilkan suara yang besar, tidak perlu membesarkan suaranya lagi, karena sudah disupport dengan perangkat listrik.

3. Era Inovasi Desain Gitar Bass

Setelah ditemukannya double bass elektrik, inovasi alat ini terus dikembangkan. Dimulai pada tahun 1930, Paul Tutmarc melakukan desain ulang terhadap alat ini. Tujuannya untuk membuat inovasi double bass dengan desain yang lebih simpel dan praktis. Pengembangan inovasi desain pun terus dilakukan hingga menjadi bentuk gitar bass yang kita kenal saat ini.

4. Era Pengembangan Perangkat Gitar Bass

Setelah melakukan pengembangan bentuk desainnya, orang mulai berfikir cara inovasi perangkat pendukung gitar bas. Proses inovasi ini dimulai pada tahun 1950, saat Leo Fender menemukan bass presisi. Bass presisi inilah yang mencikalbakali gitar bass saat ini. Kelebihan bass ini adalah jika dikolaborasikan dengan amplifier lebih fleksibel. Sehingga bisa dimainkan dengan jenis musik apapun.

Selain bentuk dan perangkat tambahannya, ternyata bass juga mengalami evolusi pada jumlah senarnya. Pada tahun 1959, jumlah senar bass ada 6 senar. Sedangkan pada tahun 1964, Fender memperkenalkan model bass dengan 5 senar. Nah, barulah pada tahun 1968, dirancang gitar bass dengan 4 senar, seperti yang kita kenal sampai saat ini. Itulah sekilas mengenai sejarah alat musik gitar bass

Sekian informasi yang bisa kami berikan mengenai sejarah alat musik gitar bass. Sebagai musisi, khususnya anda yang ingin menjadi gitaris bass handal, sudah selayaknya mengetahui sejarah alat musik ini. Pemain gitar bass yang tidak mengetahui sejarah perkembangan gitar bass umpama kacang yang lupa pada kulitnya.

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Alat Musik Gitar Bass Dan Eksistensinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Melayani Seluruh Wilayah Indonesia

Iklan Tengah Artikel 1

Melayani Seluruh Wilayah Indonesia

Iklan Tengah Artikel 2

Melayani Seluruh Wilayah Indonesia

Iklan Bawah Artikel

Melayani Seluruh Wilayah Indonesia